Mengenal Notasi Yen Ing Tawang Pelog 6

Lagu langgam pelog hanya terdiri 7 nada [laras] saja, karena irama langgam jawa termasuk nada pentatonis. Sama halnya dengan lagu langgam slendro, langgam ini hanya memiliki nada 6 saja. Berbeda dengan lagu Diatonis pada umumnya, terdiri dari 7 nada dari nada rendah hingga nada tinggi.

Lagu langgam Pelog maupun Slendro tersusun oleh notasi yang berbeda dan hanya menggunakan laras dari gamelan tersebut. Perbedaan paling mencolok setiap laras gamelan tidak bisa di naikkan maupun di turunkan kecuali pengiring menggunakan instrumen selain gaelan, contohnya keyboard arranger.


Gambar di atas adalah contoh notasi yen ing tawang ono lintang pelog 6, terdiri dari 4 kempul dan 4 gong. Saat memainkan harus mengikuti dari notasi di atas, tidak bisa dipindah ke notasi lain. Notasi diatas sudah tersusun rapi untuk mengiringi langgam yen ing tawang ono lintang pelog 6.

Keterangan gambar notasi diatas :
  • Pada not pertama merupakan not untuk lirik langgam yen ing tawang bait pertama
  • Pada not kedua merupakan not untuk lirik langgam yen ing tawang bait kedua
  • Pada not ketiga merupakan not untuk lirik langgam yen ing tawang bait ketiga
  • Pada not keempat merupakan not untuk lirik langgam yen ing tawang bait keempat
Secara garis besar, mengiringi langgam jawa tidak asal asalan, harus sesuai dengan notasi dari lagu yang kita iringi. Disini saya sendiri merasa kesulitan untuk menjelaskannya, terbatasnya font kepatihan untuk menulis notasi.

Untuk selanjutnya saya akan memberi gambaran cara memainkan langgam jawa menggunakan style yamaha, format tek menggunakan PDF, dan segera akan saya upload disini.

Monggo Bantu Share Artikel " Mengenal Notasi Yen Ing Tawang Pelog 6 "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon