Jenis Keyboard Musik Sesuai Fungsinya

loading...
Ada beberapa macam keyboard yang beredar dipasaran, keyboard ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda bila dilihat dari kegunaanya. Kegunaan sebagai keyboard tunggal, keyboard pengiring band dan sebagai comproser musik studio.

Sebelum membeli keyboard terlebih dahulu kita tahu jenis dari keyboard tersebut, jangan terkecoh dengan gambar yang dipajang di toko online. Berikut ini jenis keyboard yang beredar dipasaran dunia :

Keyboard Synthesizer 
Keyboard Synthesizer hanya memiliki beberapa suara yang terinstal didalamnya, akan tetapi kita diberi kewenangan penuh untuk mengedit suara tersebut. Keyboard telah tersedia tombol untuk mengedit suara seperti resonance, attack, assign, release dan pengaturan edit suara lainnya.

Contoh keyboard synthesizer :
  • Roland Juno-DS88
  • Yamaha Montage
  • Korg VOX Continental
  • Casio XW-P1
Seiring perkembangan didunia musik, keyboard synthesizer juga menyediakan wave expansion slot. Fitur ini mempermudah kita untuk membuat suara layaknya studio beneran, seperti perkusi, loop dan suara sampler lainnya.

Keyboard Arranger
Keyboard jenis arranger didalamnya sudah disediakan semua instrument alat musik yang ada di dunia. Kita sebagai keyboardiz tinggal menggunakan suara [tone] sesuai dengan gaya style yang kita mainkan.
Contoh keyboard arranger :
Suara yang sudah tersedia didalam keyboard arranger bisa kita edit, akan tetapi tidak seluas seperti Keyboard Synthesizer, cakupan keyboard arranger hanyalah mixing suara dari efek reverb, chorus dan equaliser.

Fitur lain juga ada didalam keyboard arranger, yaitu fitur sampling atau wave expansion slot yang sudah saya jelaskan di atas.


Keyboard Controller
Jaagn kaget bila setelah membeli keyboard controller, keyboard sama sekali tidak ada program yang terinstal. Keyboard controller digunakan untuk mengirimkan pesan MIDI keperangkat komputer yang sudah terinstal software program musik.
Contoh keyboard controller :
  • Roland A-500 Pro
  • Korg Taktile
  • Line 6 Mobile keys 25
  • Samson Graphite M25
  • Akai Advance 61
Sebagai contoh kita menggunakan software FL studio, didalam aplikasi ini sudah tersedia beberapa plugin siap saji. Atur midi cotroller agar terbaca oleh FL Studio agar perangkat keyboard misi controller bisa tersinkron.
loading...

Post a Comment

6 Comments

  1. Jadi tau macam2 keyboard, dulu pernah main band sama temen alirannya emo, pake synthizer.

    ReplyDelete
  2. iya mas adi, mungkin dulu Key Synthesizer roland xp 10 paling familiar ...

    ReplyDelete
  3. Setelah sekian tahun baru ngerti keyboard synhesizer hehehe


    Saya punya keyboard tapu cmn tau mencet kord aja :)

    ReplyDelete
  4. wk wk wk ... semangat mas Day ... hiburan pas gak ada kerjaan ...

    ReplyDelete
  5. Smg anak2 saya ada yg bisa memainkannya

    ReplyDelete

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.