Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebara Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan.

Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style.


Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya.

Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada.

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Fitur :
Intro A : Intro LaguMain A, B, C dan Ending …

Pehamanan Sebelum Memainkan Stye Keyboard Campursari

Untuk memainkan style manual langgam campursari sebenarnya sangat mudah, asal 100% paham lagu yang akan dimainkan. Teori ini juga mencankup semua lagu, bukan hanya langgam campursari saja, bisa pop, dangdut dan genree musik lainnya.

Untuk mengiringi langgam campursari biasanya menggunakan nada dasar A dan Bes jika digabungkan dengan gamelan asli, jika solo orgen memakai nada dasar G untuk pelog 6. Pukulan di antara  Do - Mi - Fa- Sol dan Si, kadang ada Re dan La itu hanya untuk lagu-lagu tertentu saja.


Contohnya lagu, lewung, ngimpi, meh rahino, konco tani dan lagu terkait yang menggunakan notasi La dan Re. Konsep langgam campursari pada karawitan mirip bahkan sama dengan ketawang, yaitu satu kenong satu kempol dan gong, berlaku untuk semua lagu langgam jawa.

PUKULAN UNIK
Setiap instrumen gamelan juga memiliki pukulan beserta sekaran sendiri-sendiri sehingga menghasilkan sebuah alunan gamelan yang unik dan menarik. Coba Anda mendengarkan imbalan dua gamelan saron, gamelan ini sangat dominan sekali pada lagu langgam campursari. Selain itu alunan sekaran bonang sangat terasa sekali pada saat akan tibo gong [pukulan gong].

ALUR dan PAKEM
Selain memiliki pukulan unik, musik langgam jawa memiliki pakem yang harus dilakukan ketika memainkan style langgam campursari. Kalu hanya memaikna saja pasti bisa, akan tetapi bila dirasakan dan didengarkan orang yang mengerti dunia karawitan apalah jadinya, sambil senyum saja.

KIBLAT KENDANG JAWA
Sengaja saya kasih poin kiblat kendang jawa karena alat pukul ini merupakan panutan semua instrumen gamelan karawitan. Kendang jawa akan membawa lagu instrument untuk mengiringi lagu langgam dari umpak, pukulan irama I, pukulan irama II dan suwuk.
Pukulan kendang juga memilki karakter tersendiri antara irama I dan II. Pada dasarnya untuk keyboard irama I berada di antara tempo 125 - 130 Bpm dan irama II di antara tempo 90 - 100 Bpm. Pukulan irama dobel sangat padat sekali, akan tetapi vokal temponya lambat menyesuaikan dengan pukulan kendang dan instrument gamelan.

KRITERIA STYLE LANGGAM JAWA
Poin diatas merupakan rangkuman pemahaman langgam jawa campursari, bila dijabarkan sangat panjang sekali. Unttuk STY langgam campursari harus memiliki dasar-dasar dari poin diatas, setidaknya STY tersebut hampir mendekati dengan pukulan asli.

Sebuah STY untuk keyboard memiliki karakter tersendiri, misalkan style dangdut pasti si pembuat intro interlude serta improve melodi sehabis reff jika arranger membuat sendiri STY tersebut. Tujuannya STY tersebut mendekati asli bahkan mirip dengan lagu aslinya, istilah familiar keyboardiz adalah songstyle ...

STY langgam jawa juga demikian, apabila ingin mendekati dengan pukulan irama langgam pasti creator style akan membuat style tersebut semaksimal mungkin, dengan kriteria :
  • Angkatan kendang irama I, tempo 125 - 130 Bpm
  • Angkatan kendang irama II, tempo 90 - 100 Bpm
  • Pukulan kendang ke irama I, tempo 125 - 130 Bpm
  • Pukulan kendang ke irama II, tempo 90 - 100 Bpm
  • Pukulan kendang ke irama II ke irama I, tempo 90 Bpm di RIT menjadi 55-65 Bpm dan di TAP tempo menjadi ke tempo 145 Bpm.
  • Pukulan andegan sehabis reff langgam jawa irama I, jarang sekali, tapi harus dibuat untuk berjaga-jaga jika mengiringi lagu tanpa irama II, contohnya lagu anting-anting.
  • Pukulan andegan sehabis reff langgam jawa irama II, tempo 90 Bpm di RIT menjadi 45-50 Bpm dan dikembalikan kembali ke tempo 90 - 100 Bpm.
  • Pukulan kendang suwuk, tempo 90 Bpm di RIT menjadi 45 dan di tekan ending untuk GONG
Diatas adalah kriteria style langgam jawa yang harus dibuat agar bisa maksimal saat digunakan dan style mendekati real irama langgam campursari. Monggo silahkan dipirsani atraksi memaikan STY langgam jawa campursari campursari Caping Nggunung Pelog 6 dan Slendro, semoga bisa menghibur ....

Comments

Popular posts from this blog

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni …

Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Suatu alat yang dapat menghasilkan suara entah itu pentatonis dan diatonis dengan cara dipetik, dipukul dan ditiup termasuk kategori alat musik. Hal ini didasari oleh prinsip dari dasar-dasar alat jenis alat musik yang di atur sedemikan rupa agar menghasilkan sebuah maha karya.

Seiring berkembangnya dunia seni, banyak inovasi dari alat musik tertentu, tujuannya mengembangkan agar alat musik tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang berkecimpung dibindang musik.


Contoh alat musik tradisional gamelan demung, dasar gamelan demung hanya terdiri dari 7 pilhan yang dibuat dari perunggu, kuningan dan besi. Era saat ini, gamelan bisa di inovasi lebih dari 7 pilahan dengan nda dasar pentatonis, tapi tidak lepas dari diatonis. Biasanya demung model ini digunakan untuk mengiringi musik kontemporer etins daerah. Nah alat musik tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
Alat Musik Melodis Alat musik melodis merupakan alat musik yang memainkan melodi lagu, antara lain ;
Rekorder, termasuk alat musik tiup,…

Wewaton Tembang Macapat

Kasusastran Jawa anyar tembange awujud :
a. tembang gedhe
b. tembang tengahan
c. tembang cilik utawa tembang macapat

Tembang Gedhe Tembang gdhe iku sapada ana petang gatra utawa patang pada pala. Cacahing wanda pala siji lan sijine padha. Lire manawa pada pala kapisan 7 wanda, pada pala kaping pindho lan katelu uga mitung wanda. Cacahing wanda saben sapada pala iku diarani laku. Tembang gedhe iku gunane kanggo mbawani gending utawa sulukan ing pedhalangan. Tuladhane tembang gedhe Maduretna, Pamilatsih, Kusumastuti lan liya-liyane.

Tembang Tengahan Tembang tengahan iku kaiket ing guru wilangan lan guru lagu. Tuladhane tembang tengahan yaiuku : Balabak, Wirangrog lan Juru Demung.

Tembang Macapat Tembang macapat kaiket ing wewaton utawa aturan. Aturane tembang macapat yaiku :
a. guru gatra
b. guru wilangan
c. guru lagu
Guru gatra yaiku cacahe gatra saben sapada, guru wilangan yaiku cacahe wanda saben sagatra, guru lagu yaiku tibane swarane ing pungkasane gatra.

Ing ngisor iki guru gatra, guru wilangan…