Teori Dasar Belajar Piano Otodidak Untuk Pemula

loading...
Menurut saya lebih mudah bermain piano daripada belajar gitar, karena apa yang harus kita tekan sudah terpampang jelas didepan mata, tuts piano. Selanjutnya jangan ragu apabila ingin belajar piano, buktikan bahwa kita juga bisa bermain piano secara otodidak.

Apa yang kita lakukan agar bisa belajar piano, apakah harus membeli piano seperti Purwacaraka ? atau keyboard seperti miliknya Yovie Widianto ? Untuk sekedar belajar tidak harus menggunakan piano mahal dan keyboard mahal, kita bisa membeli alat yang sederhana sebagai sara belajar piano otodidak.

TANGGA NADA
Terlebih dahulu harus paham urutan tangga nada Sol Mi Sa Si , karena nada nada tersebut sebagai dasar untuk memainkan lagu menggunakan piano.



Kedua gambar diatas menggunakan nada dasar C dan tidak akan berubah ke tuts lain kecuali kita keliru menekan tuts Piano. Tuts piano terdiri dari beberapa oktaf, untuk oktaf kiri adalah nada rendah dan oktaf kanan adalah nada tinggi.

Memainkan nada C paling mudah sendiri, karena tuts putih saja yang kita tekan dan mengabaikan tuts yang berwarna hitam.* Coba saja jika Anda tidak percaya, tekan sesuai gambar diatas ! dan apa yang terjadi pasti berbunyi indah sekali.

TEMPO
Hal terpenting kita harus mengerti tempo dari lagu yang akan kita mainkan sebagai bahan belajar piano. Tempo adalah cepat atau lambatnya sebuah lagu, maka dari itu bermain piano harus sesuai dengan ketukan agar enak untuk didengarkan.

NADA DASAR
Seperti saya jelaskan di atas, setiap lagu memiliki nada dasar yang berbeda-beda. Kesalahan menentukan nada dasar akan terlihat jika dinyanyikan, suara terlalu rendah dan terlalu tinggi.

Untuk nada dasar C contohnya seperti gambar diatas ! bagaimana jika menggunakan nada dasar selain nada dasar C ? berikut contoh gambar yang bisa kita pahami untuk dasar belajar piano ;

NADA DASAR D = DO
NADA DASAR G = DO
Gambar diatas adalah penjelasan tangga nada dari nada dasar D = DO dan G = DO , Selebihnya silahkan pelajari pada artikel saya sebelumnya yaitu ;
Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat
Dasar Bermain Alat Musik Keyboard
loading...

Post a Comment

1 Comments

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.