Keris Sejarah Memiliki Harga Rp 7 Milliar

loading...
Jangan takut ketika menghadiri pesta pernikahan adat Jogja dan Solo, pasti Anda akan menemui among tamu berbusana adat jawa menyisipkan senjata keris dibelakang. Tradisi ini hal yang wajar dan wajib, karena termasuk warisan leluhur yang masih dilaksanakan hingga saat ini.

Keris memiliki bentuk berkelok-kelok ujungnya runcing serta keris mempunyai wadah yang terbuat dari kayu dan dihias oleh ukran berlapis perunggu bahkan emas.


Kembali ke sejarah, keris merupakan senjata dalam pertempuran melawan musuh. Keris juga digunakan untuk peralatan sesajian pada masa dahulu kala. Hingga saat ini keris tetap digunakan sebagai benda pelengkap aksesori busana jawa, contohnya sudah saya tuliskan diatas.
UNESCO menetapkan Keris Indonesia sebagai benda warisan budaya non bendawi manusia sejak 2015. [wikiepdia]
Pada masa kerajaan majapahit, Keris telah tersebar hingga Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, Filipina Selatan, Sulawesi, pesisir Kalimantan, Nusa Tenggara, Madura dan pulau jawa.

Berapa ta harga Keris? untuk keris aksesori yang dijual di pasar Klewer Solo, benda ini di jual sekitar 250 ribu. Tapi jangan kaget jika keris yang dibuat pada pada jaman sejarah ! keris bisa di banderol harga sekitar Rp 3 Milliar.
  • Presiden Soekarno dengan keris peninggalan Raja Sisingamangaraja XII
  • Presiden Soeharto dengan koleksi keris Bertuah
  • Jenderal Soedirman dengan Keris Pelenyap Keberadaan
  • Presiden Joko Widodo dengan Keris Cahya Buwana
Saat pameran Masterpiece Keris Nusantara di Hotel Ros-In Yogyakarta, ada sebuah keris yang menjadi perhatian pengunjung, Keris Naga Raja mencuri perhatian. Keris Naga raja berlapis emas dibuat di masa pemerintahan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono VII.

Raden Mas Hardo Wiyono sebagai pemilik keris Naga Raja menyatakan mau melepas keris tersebut dengan harga Rp 7 miliar. Keris dengan polesan emas tua pada sarungnya pernah ditawar Rp 3,5 miliar akan tetapi Raden Mas Hardo Wiyono menolaknya.

Jika Anda ingin melihat keris Kyai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro, silahkan datang ke museum barang langka sejarah Koninklijk Kabinet van Zeldsaamheden di The Hague, Belanda Selatan, Keris Kyai Nogo Siluman masih tersimpan rapi sejak senjata Pangeran Diponegoro dilucuti oleh Belanda.
loading...

Post a Comment

2 Comments

  1. Buset, mahal banget kerisnya ya. Nggak kebayang ada yang mau mengeluarkan uang sangat mahal untuk koleksi keris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya barang antik peninggalan sejarah mbk ... kalau keris di pasar klewer Solo malah murah2 ... 2 juta saja sudah mbrong keris he he he ...

      Delete

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.