...

Mengubah MIDI menjadi STY Yamaha

Sebelumnya sudah saya ulas pada artikel Cara Mudah Membuat Style Dari Midi. Pada kesempatan kali ini saya akan memperjelas dan mempertegas langkah demi langkah cara membuat STY dari MIDI. Bahan pendukung yaitu sofware SONAR, bisa Anda download di Website Official SONAR apabila Anda belum memiliki.

1. Buka software Sonar, Open file midi yang akan Anda ubah menjadi STY
2. Terlebih dulu atur Snap Properties, caranya klik kanan Marker Sonar. Ubah musical time dan pilih measure, hasilnya saat Insert Marker pas pada bar SONG MIDI yang akan Anda ubah menjadi STY Yamaha.


3. Bar pertama di posisi Marker 2, jika SONG MIDI masih berada di Marker 1 silahkan di geser ke Marker 2.


4. Klik kiri mouse pada Tepat Marker 1 dan tekan F11 untuk memulai membuka MIDI agar berubah menjadi STY, silahkan ketik " SFF2 "


5. Timpa lagi Marker 1 ! silahkan ketik " SInt " Pembuka extension STY sudah jadi, tinggal kita menyesuaikan bar mana yang akan kita jadikan style dengan memilih Intro, Main, Fill In, Break dan Ending.


Cara di atas hanya sebagai pembuka agar MIDI bisa terbaca menjadi STY setelah extensi Anda ubah ke STY sesuai BAR mana yang akan kamu Marker menjadi Intro, Main, Fill In, Break dan Ending. Nah Contohnya sebagai berikut ini :

Contoh Intro A
Misalkan Marker 2 mau Anda buat menjadi Intro A cukup klik kiri mouse tepat pada Marker 2 dan tekan keyboard F11 laptop atau komputer lalu ketik " Intro A "


Silahkan ulangi lagi langkah diatas jika ingin menambah lagi Main per Main MIDI sesuai contoh Intro A. Ingat ! Pembuka Marker adalah bar awal jika sudah Anda ubah menjadi STY. Berikut istilah yang harus Anda tulis di Marker Sonar dengan pembuka menggunakan huruf kapital.
  • Intro : Intro A, Intro B dan Intro C
  • Main : Main A, Main B, Main C dan Main D
  • Fill In : Fill In AA, Fill In BB, Fill In CC dan Fill In DD
  • Ending : Ending A, Ending B dan Ending C
  • Break : Fill In BA
Apabila sudah selesai, ubah MIDI tersebut menjadi STY caranya cukup mengganti ektensi MID menjadi STY.


Pindah file yang sudah menjadi STY dan coba ke keyboard Yamaha PSR S tercinta, jika langkah2 benar Insya Allah STY langsung terbaca, terima kasih.

Monggo Bantu Share Artikel " Mengubah MIDI menjadi STY Yamaha "

Newest
Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.
EmoticonEmoticon