Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebara Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan.

Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style.


Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya.

Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada.

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Fitur :
Intro A : Intro LaguMain A, B, C dan Ending …

Point Penting Sebelum Membuat Style Keyboard

Ada beberapa point saat kita ingin membuat style keyboard sendiri untuk menghasilkan style yang hampir sama dengan lagu aslinya. Apalagi memiliki keyboard Work Station/ Keyboard Arranger maka kita harus bisa membuat style secara mandiri.

Apalagi tuntutan keyboaradis jaman NOW ! setiap detik menit dan jam lagu baru keluar dimuka bumi. Maka kita harus respect untuk membuat lagu tersebut, hasilnya akan di mainkan ketika perform dipanggung.


Berikut  hal-hal penting sebelum kita membuat style keyboard arranger :

BAR
Bar untuk mengatur panjang dan pendeknya style, semakin panjang maka kita bisa membuat variasi pukulan setiap track keyboard. Style ibaratnya sebuah loop, di repeat kembali ke bar awal, terus berjalan akan berhenti aabila kita menekan tombol STOP.

Memilih bar sedikit kita akan kesulitan membuat variasi saat membuat style, sangat terdengar monoton sekali, coba mainkan style bawaan keybaord ! pasti variasi per track sangat terasa sekali. Bar juga menambah suasana hidup style yang akan kita buat, misalkan kita membuat intro agar seperti lagu aslinya, maka bar pengaruhnya sangatbesar sekali.

QUANTIZE
Quantize berfungsi untuk mensetabilkan atau membuat pukulan nada menyadu teratur. Kesalahan membuat style apabila kita mengkesampingkan fitur quantize, karena style akan terasa pincang atau tidak rapi apabila dimainkan secara manual.

Setiap keyboard yang sudah mandiri atau diberi fasilitas membuat setyle maka akan ada menu bar dan quantize, ini wajib.

VELOCITY
Velocity adalah keras dan lunak volume not ketika kita menekan tuts keyboard. Semakin keras kita tekan maka volume akan keras begitu juga sebaliknya, ketika kita pelan maka volume suara sangat lunak sekali. Jika kita menonaktifkan velocity maka volume akan rata sekali, rasanya tidak ada kesan seperti alat musik beneran.

Jika kita membuat style menggunakan menu velocity maka naluri kita harus benar-benar matang, karena jika tidak sama maka Main per Main akan kelihatan sekali. Berbeda saat membuat style menggunakan bantuan sofware, misalnya FL Studio, kita bisa mengatur Velocity dengan menaikkan dan menurunkan pada menu Control Velocity.

PAHAMI NADA LAGU
Default style berada dinada dasar C, apabila kita akan membuat song style maka akan membuat sesuai dengan nada aslinya. Point ini kita akan menggunakan fitur bar sesuai dengan loop style yang akan kita buat.

Tiap brand keyboard arranger berbeda-beda, yamaha mempunyai 32 bar, Korg 32 bar dan roland sekitar 128 bar. Kita tinggal menyesuaikan saja, misalkan intro lagu ada 26 bar kita tinggal meng-execute panjang bar tersebut.

Membuat style adalah mengatur instrument yang sudah disediakan oleh keyboard, maka perlu latihan agar kita mesa meng-ekplore keyboard arranger kita masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni …

Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Suatu alat yang dapat menghasilkan suara entah itu pentatonis dan diatonis dengan cara dipetik, dipukul dan ditiup termasuk kategori alat musik. Hal ini didasari oleh prinsip dari dasar-dasar alat jenis alat musik yang di atur sedemikan rupa agar menghasilkan sebuah maha karya.

Seiring berkembangnya dunia seni, banyak inovasi dari alat musik tertentu, tujuannya mengembangkan agar alat musik tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang berkecimpung dibindang musik.


Contoh alat musik tradisional gamelan demung, dasar gamelan demung hanya terdiri dari 7 pilhan yang dibuat dari perunggu, kuningan dan besi. Era saat ini, gamelan bisa di inovasi lebih dari 7 pilahan dengan nda dasar pentatonis, tapi tidak lepas dari diatonis. Biasanya demung model ini digunakan untuk mengiringi musik kontemporer etins daerah. Nah alat musik tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
Alat Musik Melodis Alat musik melodis merupakan alat musik yang memainkan melodi lagu, antara lain ;
Rekorder, termasuk alat musik tiup,…

Wewaton Tembang Macapat

Kasusastran Jawa anyar tembange awujud :
a. tembang gedhe
b. tembang tengahan
c. tembang cilik utawa tembang macapat

Tembang Gedhe Tembang gdhe iku sapada ana petang gatra utawa patang pada pala. Cacahing wanda pala siji lan sijine padha. Lire manawa pada pala kapisan 7 wanda, pada pala kaping pindho lan katelu uga mitung wanda. Cacahing wanda saben sapada pala iku diarani laku. Tembang gedhe iku gunane kanggo mbawani gending utawa sulukan ing pedhalangan. Tuladhane tembang gedhe Maduretna, Pamilatsih, Kusumastuti lan liya-liyane.

Tembang Tengahan Tembang tengahan iku kaiket ing guru wilangan lan guru lagu. Tuladhane tembang tengahan yaiuku : Balabak, Wirangrog lan Juru Demung.

Tembang Macapat Tembang macapat kaiket ing wewaton utawa aturan. Aturane tembang macapat yaiku :
a. guru gatra
b. guru wilangan
c. guru lagu
Guru gatra yaiku cacahe gatra saben sapada, guru wilangan yaiku cacahe wanda saben sagatra, guru lagu yaiku tibane swarane ing pungkasane gatra.

Ing ngisor iki guru gatra, guru wilangan…