Point Penting Sebelum Membuat Style Keyboard

Ada beberapa point saat kita ingin membuat style keyboard sendiri untuk menghasilkan style yang hampir sama dengan lagu aslinya. Apalagi memiliki keyboard Work Station/ Keyboard Arranger maka kita harus bisa membuat style secara mandiri.

Apalagi tuntutan keyboaradis jaman NOW ! setiap detik menit dan jam lagu baru keluar dimuka bumi. Maka kita harus respect untuk membuat lagu tersebut, hasilnya akan di mainkan ketika perform dipanggung.


Berikut  hal-hal penting sebelum kita membuat style keyboard arranger :

BAR
Bar untuk mengatur panjang dan pendeknya style, semakin panjang maka kita bisa membuat variasi pukulan setiap track keyboard. Style ibaratnya sebuah loop, di repeat kembali ke bar awal, terus berjalan akan berhenti aabila kita menekan tombol STOP.

Memilih bar sedikit kita akan kesulitan membuat variasi saat membuat style, sangat terdengar monoton sekali, coba mainkan style bawaan keybaord ! pasti variasi per track sangat terasa sekali. Bar juga menambah suasana hidup style yang akan kita buat, misalkan kita membuat intro agar seperti lagu aslinya, maka bar pengaruhnya sangatbesar sekali.

QUANTIZE
Quantize berfungsi untuk mensetabilkan atau membuat pukulan nada menyadu teratur. Kesalahan membuat style apabila kita mengkesampingkan fitur quantize, karena style akan terasa pincang atau tidak rapi apabila dimainkan secara manual.

Setiap keyboard yang sudah mandiri atau diberi fasilitas membuat setyle maka akan ada menu bar dan quantize, ini wajib.

VELOCITY
Velocity adalah keras dan lunak volume not ketika kita menekan tuts keyboard. Semakin keras kita tekan maka volume akan keras begitu juga sebaliknya, ketika kita pelan maka volume suara sangat lunak sekali. Jika kita menonaktifkan velocity maka volume akan rata sekali, rasanya tidak ada kesan seperti alat musik beneran.

Jika kita membuat style menggunakan menu velocity maka naluri kita harus benar-benar matang, karena jika tidak sama maka Main per Main akan kelihatan sekali. Berbeda saat membuat style menggunakan bantuan sofware, misalnya FL Studio, kita bisa mengatur Velocity dengan menaikkan dan menurunkan pada menu Control Velocity.

PAHAMI NADA LAGU
Default style berada dinada dasar C, apabila kita akan membuat song style maka akan membuat sesuai dengan nada aslinya. Point ini kita akan menggunakan fitur bar sesuai dengan loop style yang akan kita buat.

Tiap brand keyboard arranger berbeda-beda, yamaha mempunyai 32 bar, Korg 32 bar dan roland sekitar 128 bar. Kita tinggal menyesuaikan saja, misalkan intro lagu ada 26 bar kita tinggal meng-execute panjang bar tersebut.

Membuat style adalah mengatur instrument yang sudah disediakan oleh keyboard, maka perlu latihan agar kita mesa meng-ekplore keyboard arranger kita masing-masing.

Post a Comment

0 Comments