...

Bebarapa Alat Recording Rumahan Sederhana

Ternyata alat recording itu bukan hanya laptop dan micorphone saja, banya interface yang perlu kita miliki. Komponen ini menjadi faktor penting sehingga menghasilkan audio yang berkualitas walaupun menggunakan alat recording sederhana.

Pada artikel  kali ini saya membeberkan beberapa alat untuk proses perekaman rumahan dari komputer dan intarface lainnya.


KOMPUTER
Komputer untuk mengedit audio hingga menghasilkan sebuah karya musik yang bagus. Bukan sebatas itu saja, komputer harus terinstal DAW software dan driver audio untuk mengedit serta menghubungkan dengan perangkat keras, misalnya midi controller.

MICROPHONE
Microphone berfungsi untuk alat perekaman audio saat take vokal, merekam tabla serta perkusi yang belum terdapat pre-amp panel output audio. Berbeda dengan gitar dan keyboard yang sudah tersedia pre-amp output audio, kita tinggal menyambungkan dengan media kabel.
MIDI CONTROLLER | DAW SOFTWARE
Midi controller berfungsi untuk media saat membaut aransement menggunakan DAW softtware [sofware musik]. Sebetulnya tanpa midi controller kita bisa saja menata patern yang sudah disediakan, contohnya menggunakan Image Line FL Studio. Untuk efisien waktu sebaiknya menggunakan Midi Controller karena tangan bisa kita mainkan dan tinggal mengedit hasilnya ketika ada kesalahan.

AUDIO INTERFACE
Audio interface terbagi beberapa bagian yaitu mixer, soundcard dan aksesoris seperti reverb, effek gitar dan lain sebagainya. Mixer berfungsi untuk mixing agar output audio enak untuk didengarkan, maka dari itu mixer sangat penting sekali pada proses perekaman. Output master atau output rec mixer disambungkan ke line in souncard yang terpasang dilaptop untuk direkam dan menghasilkan audio yang enak untuk didengarkan.

MONITOR AUDIO | HEADPHONE
Kedua alat ini sebagai media pengeras suara langsung, monitor audio bisa didengarkan oleh beberapa orang sedangkan headphone hanya untuk engginer dan musisi saja. Headphone memiliki suara yang flat tidak condong ke high maupun low. Audio monitor bisa kita ubah sesuai dengan selara, karena ada fitur equaliser didalamnya.

KABEL
Kabel sebagai alat penghubung antara microphone ke mixer saat proses perekaman. Selain itu sebagai penghubung perangkat gitar, drum dan alat musik lainnya. Banyak pilihan kabel dengan harga yang berbeda, semakin mahal kualita kabel semakin bagus.

Monggo Bantu Share Artikel " Bebarapa Alat Recording Rumahan Sederhana "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.
EmoticonEmoticon