...

Beberapa Menu Keyboard Arranger Yang Harus Kamu Ketahui

Saat pertama kali memegang keyboard arranger pasti kamu akan kebingungan, banyaknya menu tombol akan menghiasi keyboard tersebut. Menu yang terdapat pada keyboard merupakan fasilitas wajar, disitulah kamu disediakan bermacam-macam genree musik dan voice.


Saat memainkan keyboard arranger, kamu seperti memainkan sebuah band yang sudah terdiri dari beberapa instrument musik. Itulah kelebihan dari keyboard arranger, mempunyai banyak fitur dengan pilihan style yang bervariasi.

Berikut beberapa menu keyboard arranger yang harus kamu ketahui dari fitur-fitur menu yang telah disediakan.

STYLE
Fitur ini menyediakan beberapa pilihan style untuk memainkan lagu yang akan kamu iringi. Style tersebut sifatnya built in yang dirancang oleh programer dari merk keyboard tertentu.

Ada beberapa macam style musik, tinggal diesuaikan dengan lagu yang akan kamu bawakan, contohnya : pop rock, ballad, jazz dan swing, dance dan styale lainnya.


VOICE
Dalam fitur voice telah disediakan ratusan instrument dari alat musik petik, tiup dan pukul. Kamu tinggal menyesuakan untuk menambah berekpresi ketika memainkan style keybard arranger.

Semisal kamu mau memainkan intrument saxophone, kamu tinggal mencari saja pada bagian voice woodwind. Pada menu woodwind kamu akan melihat beberapa alat musik tiup ala keyboard arranger.

STYLE CONTROL
Menu paling vital untk keyboard arranger, menu style control untuk memainkan style yang disediakan pada keyboard arranger kamu. Kamu bisa meminkan style layaknya group band The masive.


Pada menu control terdapat beberapa menu lagi, setiap menu fungsinya berbeda-beda dari intro, fill ini, main, dan ending. Berikut sedikit rumus dari menu Style Control :
  • INTRO I , II dan III. Ketika kamu tombol ini, secara otomatis keyboard akan berbunyi sesuai compose yang telah tersedia dari style pilihan kamu. Compose Intro style berbeda-beda, ada yang 1 bar sebagai ketukan awal, dan ada compose aransemen musik sesuai dengan nada yang kamu pilih. Intro sifatnya sudah bediri sendiri, maksutnya ketika kamu menekan Intro maka akan dilanjutkan ke MAIN, kecuali kamu menekan tombol STOP.
  • MAIN A, B, C dan D. Disinilah kamu akan mengekpresikan sebuah lagu, pada menu MAIN kamu disediakan compose aransemen sesuai dengan style yang kamu pilih. Main sifatnya loop record [option fl studio], dimulai dari bar pertama sampai akhir dan akan kembali lagi ke bar pertama.
  • ENDING I, II dan III. Masih sama seperti menu Intro pada point pertama, ending berarti selesai. Ketika kamu mengiringi sebuah pasti akan ada endingnya, nah ! tinggal tekan tombol Ending maka lagu akan berhenti. Ingat ! setiap ending terdapat aransemen yang berbeda beda, biasanya Ending I hanya terisi 2 bar atau lebih dan langsung berhenti.
  • SONG. Menu SONG untuk memainkan file MIDI, kamu tidak usah memainkan tombol INTRO, MAIN dan ENDING. Loading MIDI yang akan kamu putar, tekan PLAY maka SONG MIDI akan bermain sendiri.
  • START|STOP. Tombol ini berfungsi untuk awal memainkan style dan menghentikan style secara mendadak.
  • ACMP. Tombol ini berguna untuk mengaktifkan tuts keybard pada sisi arranger sebelah kiri. Sebelum memainkan keybaord arranger, jika tombol ACMP belum aktif maka menu INTRO, MAIN dan ENDING tidak akan berfungsi atau tidak bisa dimainkan.
REGISTRATION MEMORY
Fitur ini berguna sebagai jalan pintas untuk menyimpan voice keyboard, mislanya untuk menyimpan voice piano, saxophone, guitar dan voice lainnya. Ada langkah khusus agar voice dapat disimpan pada menu registration memory yang harus kamu lakukan.

Sepertinya penjelasan beberapa menu keyboard diatas sebagai syarat yang harus kamu pahami sebelum mengiringi sebuah lagu. Tinggal kamu berekpresi dan di implementasi pada keyboard arranger sesuai dengan ide bermusik kamu, semoga berguna ...

Monggo Bantu Share Artikel " Beberapa Menu Keyboard Arranger Yang Harus Kamu Ketahui "

Newest
Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.
EmoticonEmoticon