Tips Membuat Stye Song Keyboard Arranger

loading...
Beruntung kamu mempunyai keyboard yang sudah ada fitur Style Creator, kamu bisa membuat style secara mandiri tanpa meminta dari keyboard seri atasnya. Style Creator sebagai tempat untuk membuat style sesuai dengan genre musik yang kamu inginkan, setelah selasai tinggal disimpan dan di load ketika ingin memainkan style tersebut.

Style Song adalah kata familiar dalam dunia kibot tunggal, karena style ini akan berjalan secara otomatis tanpa kita kamu mainkan. Dan ... setelah itu kamu bisa memainkan secara manual seuai dengan chord dari lagu tersebut.


Song Style berbeda dengan Song Midi, Midi Song sifatnya seperti MP3, bedanya SONG terdiri dari 16 track yang bisa kamu ubah bila mana intrument tidak cocok dengan selera kamu.

Langsung ketopik artikel Tips Membuat Stye Song Keyboard Arranger :)

Lagu A mempunyai panjang intro 16 bar dan interlude melodi 12 bar, yang kita lakukan adalah membuat agar intro dan melodi tersebut terselesaikan. Bagaimana caranya ? kita membuat sebuah song style dari panjang BAR yang ada di style creator.

Sebelum membuat kamu harus memahami chord dasar dan alur dari intro dan interlude melodi lagu, dengan begitu kamu akan menghasilkan style yang sama atau hampir sama dengan lagu aslinya.

Untuk keyboard yamaha kamu bisa membuat style song dengan menggunakan Intro dan Ending, terlebih dulu aturlah BAR sesuai dengan panjang intro yang akan kamu buat.

Kamu kadang bingung ketika ingin membuat style song yang jumlah BAR melebihi 32, karena keybiard yamaha hanya memiliki jumlah 32 BAR saja. Perlu kamu ketahui, panjang BAR bukan masalah ! ada tips untuk membuat style song melebihi kapasitas keyboard yang kamu miliki.


Terlebih dahulu kamu harus mengetahui sistem kerja dari Intro, Main, Fill dan Ending;

INTRO
Untuk style program dari yamaha, intro terdiri dari 3 jenis, contohnya Intro A berisi ketukan 1 Bar, Intro B alur musik 4 Bar dan Intro C 6 Bar.

Ketika kamu menekan tombol intro secara otomatis direct ke Main, syaratnya kamu harus menentukan terlebih dahulu Main mana yang menjadi direct dari Intro.

MAIN dan FILL
Main ibaratnya seperti Loop, sistem kerjanya akan diulang-ulang secara terus menerus. Tiap main memiliki panjang 32 BAR, tetapi pada implementasi ketika membuat STY hanya menggunakan Beberapa BAR saja. Kamu bisa membuat MAIN sesuai dengan variasi dari STY, mungkin ada perbedaan pukulan dari Main A sampai D.

Fill In adalah variasi dari Main sesuai dengan namanaya. Main tanpa Fill mungkin hambar, karena hanya berjalan apa adanya. Sayangnya jumlah BAR Fill keyboard yamaha hanya 1 bar, berbeda dengan roland dan korg.

ENDING
Sama dengan Intro, tapi bedanya Ending akan berhenti sendiri ketika kita menekan tombol Ending. Apabila kamu ingin melanjutkan ke Main kamu bisa menekan tombol Main dan ... secara otomatis akan berlanjut ke Main yang kamu tekan.

Perlu kamu ketahui juga, khusus untuk Ending ke Intro harus mennunggu BAR akhir ending sampai selesai. Nah disinilah rahasianya, ketika membuat Style Song kamu harus memulainya dari ending dan di direct ke Intro.

Tips Membuat Stye Song Keyboard Arranger
  • Intro Lagu A mempuyai jumlah 45, kamu harus membagi Bar tersebut agar Style Song da[at kamu aransemen.
  • Atur Ending C 15 Bar dan Intro A 30 Bar, jika kamu sudah selesai membuat style maka dari ending akan didirect otomatis ke Intro A, syaratnya ...
  • Kamu harus memulainya dari Ending C, ketika berjalan kamu harus menekan tombol Intro A. Apabila kamu lupa tidak menekan Intro A maka Ending C akan berhenti, Ending C berjalan sesuai dengan fungsinya karena tidak ada perintah langsung menuju ke Intro A.
  • Apabila Interlude Melodi Tengah membutuhkan lebih dari 32 Bar, kamu bisa mengulanginya lagi sesuai dengan ketentuan diatas. Jika kebutuhan Bar tidak lebih dari 32, tentunya tidak usah membuat dari Ending ke Intro.
loading...

Post a Comment

0 Comments